Cara Menentukan Keyword yang Tepat

SEO, Search Engine Optimization
Ada 2 jenis Keyword yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan pilihan keyword mana yang sesuai dengan situs web Anda, yaitu Keyword Targetted dan Keyword Umum.

Apa itu keyword Targetted? Adalah, keyword khusus yang spesifik dengan isi dari website Anda. Contoh, Anda berjualan bunga dengan jasa layanan rangkaian bunga, maka Anda bisa menggunakan keyword seperti Jual Bunga Eceran, Jual Bunga Papan, Jual Rangkaian Bunga, dan lain sebagainya. Kemudian, Anda perlu menentukan target pasar Anda hanya ada di kota Jakarta atau Bandung atau Surabaya, maka pastikan Anda menyisipkan nama kota tersebut. Contoh penggunaan keyword spesifik untuk kasus di atas. Jual Bunga Mura Jakarta, Rangkaian Bunga Jakarta, Bunga Papan Murah Bandung, Bunga Segar Surabaya, dan lain sebagainya. Bisa juga, Anda memvariasikan dengan kata-kata murah, berkualitas, terpercaya di salah satu rangkaian keyword yang Anda gunakan tersebut untuk memberikan kesan spesifik. Sehingga, search engine dapat menempatkan pada posisi yang bagus ketika ada user mencari lewat search engine.

Keyword targetted ini penting untuk menyeleksi pengunjung yang memang benar-benar membutuhkan jasa layanan Anda, namun lihat juga kebutuhan Anda. Jadi tidak ada patokan harus menggunakan keyword spesifik 100%, Anda bisa memvariasikannya dengan keyword umum.

Contoh penggunaan keyword umum dan keyword targetted: Jual Gelas, Jual Gelas Murah, Jual Gelas di Jakarta, Jual Gelas Cantik Murah.

Sementara, Keyword umum adalah keyword yang mengandung pengertian umum. Contoh, Web Design, Hosting, Domain, Beli Domain, Beli Hosting, Beli Rumah, Bunga, Jual Bunga, Cari Bunga, dan lain sebagainya. Anda harus memilih keyword mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dan, jika perlu Anda dapat membuat variasi-variasi sehingga optimalisasi yang sedang Anda bangun dapat benar-benar mendatangkan hasil yang optimal untuk website Anda.

Saran dari saya, gunakan keyword targetted karena itu lebih menguntungkan, dan jika Anda ingin memvariasikannya dengan keyword umum usahakan tambahkan kata-kata murah pada keyword umum tersebut. Hal ini dapat membantu penempatan posisi website Anda di search engine. Contoh penggunaannya: Web Design Murah, Design Web, Web Design Jakarta. Atau, Jual Buku Murah, Toko Buku Online Medan, Buku Bagus. Bisa juga, Hosting Murah, Hosting Linux Murah, Hosting Windows Murah, Hosting dan Domain Murah.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, dengan searching keyword-keyword tersebut di Google. Riset ini diperlukan untuk melihat siapa saja kompetitor Anda yang sudah mendapatkan urutan bagus di Google. Perhatikan apakah daftar dari hasil pencarian tersebut, semuanya (dalam urutan 1 hingga 20) adalah merupakan website atau postingan iklan atau postingan di sebuah forum maka kesempatan untuk masuk pada urutan bagus dengan menggunakan keyword tersebut lebih terbuka jika dibandingkan dengan lebih banyak websitenya.

Anda harus melakukan riset tersebut dengan menggunakan banyak variasi keyword sehingga Anda dapat memiliki gambaran yang dapat menentukan keyword mana yang tepat untuk website Anda tersebut. Anda harus menentukan tiga keyword utama yang ingin Anda gunakan untuk menjaring pengunjung ke website Anda. Contoh: Web Design Murah, Bikin Situs Web Murah, Design Website Murah. Langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas urutan ketiga keyword tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak spam.
Klik Subscribe by email jika ingin mengetahui update komentar pada artikel.